Informasi Umum Kelas Kerjasama PT. PLN (Persero)
Latar Belakang
Program penerimaan mahasiswa baru Diploma III Kelas Kerjasama PT. PLN (Persero) adalah program pendidikan DIII oleh Politeknik Negeri Semarang dengan persyaratan yang telah ditentukan, mahasiswa lulusannya dapat langsung mengikuti Diklat Prajabatan PT. PLN (Persero) sebagai prasyarat untuk diangkat menjadi pegawai PT. PLN (Persero).
Selama pendidikan akan diadakan evaluasi. Evaluasi adalah kegiatan penilaian secara berkala oleh PT. PLN (Persero) kepada peserta program meliputi soft competency maupun hard competency.
Sistem yang digunakan adalah Sistem Gugur dimana Sistem Gugur adalah sistem yang diterapkan dalam evaluasi dimana peserta program dinyatakan gugur atau tidak lolos apabila Indeks Prestasi Kumulatif di akhir studi dibawah 2,75 dan/atau tidak memenuhi persyaratan akademis yang telah ditetapkan oleh Politeknik Negeri Semarang dan/atau tidak memenuhi soft competency yang telah dipersyaratkan.
Diklat Prajabatan adalah kegiatan pembekalan bagi calon pegawai PT. PLN (Persero) sebagai prasyarat untuk bisa diangkat sebagai pegawai baru PT. PLN
Pegawai baru PT. PLN (Persero) adalah mereka yang telah lulus Diklat Prajabatan.
Tujuan
Tujuan Kelas Kerjasama PT. PLN (Persero) adalah :
1. memberikan kesempatan kepada siswa kelas XII atau lulusan SMA / MA / SMK yang berpotensi untuk memperoleh pendidikan tinggi
2. memperoleh calon mahasiswa baru berprestasi akademik dan memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan PT. PLN (Persero)
Ketentuan Umum
1. Pendaftar adalah WNI siswa kelas XII atau lulusan SMK Listrik / SMA-MA IPA
2. Tahun kelahiran 1996 atau sesudahnya
3. Belum menikah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan
4. Tidak memiliki ketunaan yang menganggu kelancaran studi dan pekerjaan
5. TIDAK BUTA WARNA TOTAL maupun SEBAGIAN
6. Sanggup mematuhi peraturan akademik Politeknik Negeri Semarang
7. Membayar Biaya Pendaftaran sebesar Rp. 250.000. Uang yang sudah disetor tidak bisa dikembalikan
Tata Cara Mengikuti Kelas Kerjasama PT. PLN (Persero)
1. Pendaftar melakukan pendaftaran secara online di http://www.polines.ac.id/pmb
dan akan mendapatkan BUKTI PENDAFTARAN ONLINE
2. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran di Bank BNI 46 dengan menunjukkan print BUKTI PENDAFTARAN ONLINE
3. Melakukan pengisian formulir dan biodata dan file yang harus di upload (unggah) :
a. file foto resmi 3 x 4 terbaru (format jpg, besar file maksimal 500 kB)
b. file Scan Surat Keterangan dari Sekolah bagi kelas XII Format Surat Keterangan dapat di download di sini atau
file Scan ijazah atau fotokopi ijazah yang dilegalisasi kepala sekolah bagi yang sudah lulus (format jpg, besar file maksimal 500 kB)
d. file Scan Surat Keterangan TIDAK BUTA WARNA / SEBAGIAN dari Dokter
(format jpg, besar file maksimal 500 kB)
4. Panitia melakukan verifikasi data yang dikirim
5. Pendaftar yang lolos seleksi administrasi dan telah melakukan pembayaran biaya pendaftaran dapat melakukan
cetak kartu peserta secara online sebagai tanda bukti peserta
Jadwal Pendaftaran
Program Studi, Jumlah Pilihan dan Daya Tampung
1. Program studi yang dipilih adalah Teknik Listrik (D3) Konsentrasi GARDU INDUK / SISTEM TRANSMISI DAN DISTRIBUSI
2. Pendaftar hanya diperkenankan memilih 1 (satu) program studi
3. Daya tampung program studi ini sebanyak 48 mahasiswa (2 kelas)
Biaya Pendaftaran
1. Biaya pendaftaran sebesar Rp. 250.000 (dua ratus lima piluh ribu rupiah)
2. Biaya pendaftaran dapat dibayarkan melalui teller di seluruh cabang Bank BNI 46
Biaya Pendidikan
1. Biaya Ujian Psikologi, Wawancara, Kesehatan ditanggung PT. PLN (Persero)
2. Biaya pendidikan kelas kerjasama ditanggung peserta
Prinsip Seleksi
Seleksi dilakukan berdasarkan prinsip mendapatkan calon mahasiswa baru yang berkualitas dengan mempertimbangkan nilai akademis, psikologi, kesehatan, wawancara secara obyektif, adil dan akuntabel.
Sanksi
Jika ditemukan adanya kecurangan atau ketidaksesuaian data dan informasi yang diberikan yang dilakukan oleh pendaftar, maka hak sebagai pendaftar dinyatakan GUGUR atau dibatalkan kelulusannya jika sudah diterima.
Website resmi dan alamat panitia
Website resmi : http://www.polines.ac.id/pmb
Alamat Panitia Pelaksana :
Gd. Kerjasama Lantai 2 Politeknik Negeri Semarang
Jl. Prof. Sudarto, SH Tembalang Semarang 50275 Telp. 024 - 7473417, 7499585 Fax. 024 - 7472396 |
Alur Pendaftaran : | |||||||
Pendaftaran secara Online dan cetak BUKTI PENDAFTARAN | Membayar di Teller Bank BNI 46 Rp. 250.000 dengan menunjukkan BUKTI PENDAFTARAN | Panitia melakukan verifikasi berkas & data bank | Peserta Mencetak KARTU PESERTA Secara ONLINE bagi yang lolos administrasi |
Pendaftaran online: 1-29 April 2016
bayar pendaftaran di BNI: Senin-jumat jam 08.00-15.00
cetak kartu peserta online: 9-15 Mei 2016
Ujian Tertulis: 15 Mei 2016
Materi :
1. Matematika
2. Fisika
3. Bahasa Indonesia
4. Bahasa Inggris
1. Matematika
2. Fisika
3. Bahasa Indonesia
4. Bahasa Inggris
Pengumuman hasil ujian tulis: 19 Mei 2016
Jadwal Tes Psikologi, Kesehatan dan wawancara: Jadwal menyusul info dari PT PLN
PERSYARATAN UMUM :
1. Pendaftar adalah WNI siswa kelas XII atau lulusan SMK Listrik / SMA-MA IPA
2. Tahun kelahiran 1996 atau sesudahnya
3. Belum menikah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan
4. Tidak memiliki ketunaan yang menganggu kelancaran studi dan pekerjaan
5. TIDAK BUTA WARNA TOTAL maupun SEBAGIAN
6. Sanggup mematuhi peraturan akademik Politeknik Negeri Semarang
7. Membayar Biaya Pendaftaran sebesar Rp. 250.000. Uang yang sudah disetor tidak bisa dikembalikan.
Catatan :
Pembayaran dapat dilakukan di Bank BNI 46 di seluruh cabang di Indonesi sebesar Rp 250.000
melalui TELLER dengan menunjukkan BUKTI PENDAFTARAN ONLINE
1. Pendaftar adalah WNI siswa kelas XII atau lulusan SMK Listrik / SMA-MA IPA
2. Tahun kelahiran 1996 atau sesudahnya
3. Belum menikah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan
4. Tidak memiliki ketunaan yang menganggu kelancaran studi dan pekerjaan
5. TIDAK BUTA WARNA TOTAL maupun SEBAGIAN
6. Sanggup mematuhi peraturan akademik Politeknik Negeri Semarang
7. Membayar Biaya Pendaftaran sebesar Rp. 250.000. Uang yang sudah disetor tidak bisa dikembalikan.
Catatan :
melalui TELLER dengan menunjukkan BUKTI PENDAFTARAN ONLINE
BERKAS PENDAFTARAN :
1. TIDAK ADA berkas pendaftaran berupa berkas fisik / hardcopy yang dikirim
2. Siapkan biodata dan file yang harus di upload (unggah) :
a. file foto resmi 3 x 4 erbaru
(format jpg besar file maksimal 500 kB)
2. Siapkan biodata dan file yang harus di upload (unggah) :
a. file foto resmi 3 x 4 erbaru
(format jpg besar file maksimal 500 kB)
b. file Scan Surat Keterangan dari Sekolah bagi kelas XII Format Surat Keterangan dapat di download di sini atau
file Scan ijazah atau fotokopi ijazah SLTA yang dilegalisasi kepala sekolah bagi yang sudah lulus
(format jpg besar file maksimal 500 kB)
file Scan ijazah atau fotokopi ijazah SLTA yang dilegalisasi kepala sekolah bagi yang sudah lulus
(format jpg besar file maksimal 500 kB)
d. file Scan Surat Keterangan TIDAK BUTA WARNA / SEBAGIAN dari Dokter
(format jpg besar file maksimal 500 kB)
(format jpg besar file maksimal 500 kB)
BIAYA :
1. Biaya seleksi ditanggung peserta
2. Biaya Ujian Psikologi, Wawancara, Kesehatan ditanggung PT. PLN (Persero)
3. Biaya pendidikan kelas kerjasama ditanggung peserta
1. Biaya seleksi ditanggung peserta
2. Biaya Ujian Psikologi, Wawancara, Kesehatan ditanggung PT. PLN (Persero)
3. Biaya pendidikan kelas kerjasama ditanggung peserta
Jurusan SLTA yg diterima:
1
| IPA |
2
| Listrik |
3
| Listrik Industri |
4
| Listrik Instalasi |
5
| Listrik Otomasi |
6
| Listrik Pemakaian |
7
| Pemanfaatan Tenaga Listrik |
MOHON DIBACA SEBELUM ANDA MENGISI FORM PENDAFTARAN ONLINE :
Siapkan biodata dan file yang harus di upload (unggah) :
a. file foto resmi 3 x 4 erbaru
(format jpg besar file maksimal 500 kB)
a. file foto resmi 3 x 4 erbaru
(format jpg besar file maksimal 500 kB)
b. file Scan Surat Keterangan dari Sekolah bagi kelas XII Format Surat Keterangan dapat di download di sini atau
file Scan ijazah atau fotokopi ijazah SLTA yang dilegalisasi kepala sekolah bagi yang sudah lulus
(format pdf atau jpg besar file maksimal 500 kB)
file Scan ijazah atau fotokopi ijazah SLTA yang dilegalisasi kepala sekolah bagi yang sudah lulus
(format pdf atau jpg besar file maksimal 500 kB)
d. file Scan Surat Keterangan TIDAK BUTA WARNA / SEBAGIAN
(format pdf atau jpg besar file maksimal 500 kB)
e. KESALAHAN PENGISIAN FORM PENDAFTARAN MERUPAKAN TANGGUNG JAWAB PENDAFTAR
(format pdf atau jpg besar file maksimal 500 kB)
e. KESALAHAN PENGISIAN FORM PENDAFTARAN MERUPAKAN TANGGUNG JAWAB PENDAFTAR
Tidak ada komentar:
Posting Komentar