PENGUMUMAN
Nomor : 417/Peng-800.35/VI/2014
TENTANG
Penerimaan Calon Taruna Program Studi Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral
Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional Tahun Akademik 2014/2015
Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional pada Tahun Akademik 2014/2015 membuka pendaftaran Penerimaan Calon Taruna Program Studi Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral dengan ketentuan sebagai berikut:
A. Persyaratan
1. Lulusan SMA/SMU atau Madrasah Aliyah Jurusan IPA dan SMK/STM Jurusan Bangunan, Survey Pemetaan, Komputer, Geologi Pertambangan dan/atau jurusan yang linier dengan Program Studi Pengukuran dan Pemetaan Kadastral.
2. Usia maksimum 23 tahun pada tanggal 31 Agustus 2014.
3. Nilai rata-rata mata pel ajaran Matematika kelas X s.d. XII minimum 7,5 (tujuh koma lima).
4. Tinggi badan minimum, Perempuan: 160 cm, Laki-laki: 165 cm.
B. Jadwal
1. Pendaftaran Online Tanggal 03 Juni s.d. 20 Juni 2014
2. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Tanggal 04 Juli 2014
3. Ujian:
KEGIATAN
|
TANGGAL
| |
UJIAN
|
PENGUMUMAN
| |
Ujian Tertulis
|
12 Juli 2014
|
25 Juli 2014
|
Ujian Kesehatan, Stereoskopis dan Wawancara
|
04 – 05 September 2014
|
09 September 2014
|
Ujian Fisik/Jasmani
|
06 September 2014
|
- Apabila ada perubahan jadwal akan diumumkan kemudian.
C. Mekanisme Pendaftaran
2. Calon Peserta Penerimaan Calon Taruna (PCT) STPN harus membaca dengan seksama Ketentuan umum, Syarat-syarat dan Alur Pendaftaran yang dimuat di halaman depan Aplikasi PCT STPN Online (www.ptb-stpn.ac.id).
3. Calon Peserta Penerimaan Calon Taruna (PCT) STPN harus mempunyai akun email yahoo atau gmail.
4. Calon Peserta PCT STPN mendaftarkan email ke Aplikasi PCT STPN Online.
5. Calon Peserta akan mendapatkan pemberitahuan untuk membayar biaya pendaftaran PCT STPN melalui email yang sudah terdaftar.
6. Calon Peserta PCT STPN membayar Biaya pendaftaran sebesar Rp.150.000,- (seratus lima puluh ribu rupiah). berdasarkan PP No.13 Tahun 2010 Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis PNBP yang berlaku pada Lingkungan BPN RI dengan mencantumkan nama pendaftar dan nomor tagihan.
7. Pembayaran ditujukan kepada: Bendahara Penerimaan STPN Yogyakarta, nomor rekening: 137-0076676671, Bank Mandiri Cabang Godean.
8. Pembayaran hanya menggunakan Slip Setoran/Transfer melalui Teller Bank. Dalam Slip dicantumkan: PCT D-I PPK-STPN 2014, Nama Pendaftar dan Nomor Tagihan. Contoh Pengisian Slip dapat diunduh di sini.
9. Bukti pembayaran discan atau difoto dan diupload ke Aplikasi PCT STPN Online (www.ptb-stpn.ac.id);
10. Calon Peserta PCT STPN yang sudah mengunggah bukti pembayaran akan menerima pemberitahuan username dan password yang bisa digunakan untuk Logindan mengisi formulir pendaftaran.
11. Calon Peserta PCT STPN mengisi dan mencetak formulir, surat pernyataan, dan label map pada Aplikasi PCT STPN Online.
12. Pendaftar mengirimkan berkas pendaftaran melalui jasa pos atau jasa pengiriman/jasa kurir resmi lainnya kepada :

13. Pada bagian luar Amplop berkas harus ditempel Label Map yang dicetak dari Aplikasi PCT STPN Online.
14. Berkas Pendaftaran harus masuk Kotak Pos 1216 Yogyakarta paling lambat Tanggal 27 Juni 2014 pukul 16:00 WIB.
15. Calon Pendaftar PCT STPN dapat memperoleh informasi tanggal penerimaan berkas oleh Panitia melalui Aplikasi PCT STPN Online (www.ptb-stpn.ac.id)dengan Login ke Aplikasi dan menggunakan menu Status Berkas.
16. Berkas yang dikirim selain kepada alamat di atas (Kotak Pos 1216 Yogyakarta), tidak akan diproses.
17. Berkas pendaftaran terdiri dari:
a. Formulir Pendaftaran yang telah diisi lengkap.
b. Foto copy Ijazah/STTB/Surat Tanda Kelulusan, atau Surat Keterangan Lulus (bagi lulusan tahun 2014) yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan sebanyak 1 (satu) lembar.
c. Foto copy rapor dari kelas X s.d XII yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan sebanyak 1 (satu) lembar.
d. Pas foto berwarna terbaru dengan latar belakang warna merah, berdasi, ukuran 4 x 6 cm sebanyak 1 (satu) lembar (harus sama dengan foto pada formulir pendaftaran).
e. Foto copy bukti setor biaya pendaftaran sebanyak 1 (satu) lembar (pada bukti setor tercantum nama pendaftar dan nomor pendaftaran).
f. Surat pernyataan mengisi data pada formulir dengan benar dan kesediaan menerima segala keputusan Panitia PCT Program DI PPK STPN 2014, termasuk hasil tes kesehatan dan pengukuran tinggi dan berat badan yang ditandatangani di atas meterai (Surat Pernyataan dicetak melalui aplikasi PCT Online.
18. Seluruh isi berkas pendaftaran harus dapat terbaca dengan jelas dan tidak menimbulkan keraguan.
19. Berkas pendaftaran yang telah diterima oleh Panitia dan Biaya pendaftaran yang telah disetorkan tidak dapat diminta kembali.
20. Berkas yang dikirim harus lengkap, panitia tidak melayani berkas susulan.
D. Pelaksanaan Ujian
1. Ujian Penerimaan Calon Taruna Program Studi Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral terdiri dari:
a. Ujian Tertulis
b. Ujian Kesehatan
c. Ujian Stereoskopis
d. Ujian Wawancara
e. Ujian Fisik /Jasmani
2. Lokasi Ujian bertempat di Yogyakarta.
3. Biaya Ujian Kesehatan dan Ujian Fisik/Jasmani dibebankan pada Peserta Ujian.
E. Pelaksanaan Pendidikan
1. Pelaksanaan pendidikan akan diawali dengan kegiatan Pengenalan Program Studi dan Program Pendidikan, dilanjutkan perkuliahan yang akan dimulai pada bulan September 2014.
2. Selama mengikuti pendidikan Taruna wajib tinggal di Asrama Taruna Bhumi STPN dan mentaati peraturan yang berlaku.
F. Biaya Pendidikan
Biaya pendidikan sebesar Rp. 10.635.000,-. (Sepuluh juta enam ratus tiga puluh lima ribu rupiah).
G. Catatan
Taruna Program Studi D-I PPK STPN bukan Taruna Ikatan Dinas. Dengan demikian lulusan Program Studi dimaksud tidak secara otomatis diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil.
Dikeluarkan di : Yogyakarta
Pada Tanggal : 02 Juni 2014
An. Ketua Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional
Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan
Selaku
Ketua Panitia Penyelenggara,
dto
Lutfi Zakaria, S.I.P.
NIP. 19700214 199603 1 002
KETENTUAN UMUM DAN ALUR PENDAFTARAN TARUNA BARU PROGRAM DIPLOMA SATU (D-I) PENGUKURAN DAN PEMETAAN KADASTRAL BACALAH DENGAN SEKSAMA SEBELUM MELAKUKAN PENDAFTARAN | CHATTING DENGAN PANITA | |
Panitia 1 ![]() | ||
I. | KETENTUAN UMUM | |
1 |
Pembayaran Uang Pendaftaran ke kantor Kas Bank Mandiri dengan Nomor Rekening : Bendahara Penerimaan STPN Yogyakarta, dengan nomor Rekening : 137-00-7667667-1, Bank Mandiri Cabang Godean (dengan mencantumkan nomor tagihan dan Nama Mahasiswa sebagai Penyetor)
Pembayaran dapat dilakukan dengan datang langsung ke Kantor Kas Bank Mandiri di seluruh cabang Indonesia Biaya yang telah disetor ke rekening Panitia tidak dapat diminta kembali dengan alasan apapun. | |
2 |
Calon pendaftar harus mempunyai email. Apabila belum mempunyai email, maka harus membuat dahulu email yahoo di [Klik Disini] atau email gmail di [Klik Disini]
| |
II. | ALUR PENDAFTARAN | |
1 |
Ketentuan Penting yang harus diketahui terkait "time schedule" pendaftaran online :
| |
2 |
Ketentuan Penting yang harus diketahui terkait besarnya biaya pendaftaran :
Biaya pendaftaran Taruna BaruProgram D-I PPK STPN 2014 sebesar Rp. 150.000,- | |
3 |
(Langkah Pertama) Klik pada Menu "Daftar Baru", anda diminta memasukkan email anda. Apabila belum punya email maka silahkan membuat email baru seperti pada Ketentuan Umum No.3. kemudian masukkan komposisi angka/huruf Captcha selanjutnya klik "OKE".
Anda akan masuk pada pilihan jurusan. Pilihlah dengan cara di klik pada salah satu pilihan jurusan yang anda pilih. Yakinkan pilihan anda benar kemudian klik "OK" Anda akan diberitahu " Sukses, data anda Telah Masuk", kemudian klik "Kembali"
(Silakan periksa kotak masuk email anda, atau periksa spam anda untuk meihat notifikasi/pemberitahuan tagihan uang pendaftaran yang harus anda bayarkan)
(Langkah Kedua), Masuk pada Menu "Upload Bukti Pembayaran", anda diminta memasukkan email seperti saat "Daftar Baru" kemudian klik "Simpan", maka akan muncul jumlah nominal Tagihan pembayaran uang pendaftaran anda. Apabila anda sudah membayar, maka uploadlah bukti pembayaran anda dengan cara di Foto atau di Scan. kemudian isilah menu dari Bank mana anda membayar pada "Tempat Pembayaran". Selanjutnya Uploadlah bukti pembayaran pada menu Upload bukti Pembayaran dengan memilih dimana anda menyimpan pada PC atau Fashdisk dari menu "Pilih File" kemudian klik "Simpan" Setelah anda upload bukti setor, maka akan muncul notifikasi/pemberitahuan tentang password anda yang akan tampil di layar monitor anda, dan juga akan di kirim ke email anda. Ceklah email anda pada kotak masuk atau pada kotak Spam. setelah anda catat password login anda maka klik menu "Kembali" (Langkah Ketiga), Masuk pada Menu "Login Pendaftar",Pada menu ini anda diminta memasukkan email anda saat "Daftar Baru" dan memasukkan password. Password diperoleh setelah anda mengupload Bukti pembayaran anda pada menu "Upload Bukti Pembayaran". kemudian memasukkan kombinasi angka/huruf Captcha dan klik "OK" Saat anda dapat Login, maka terdapat beberapa menu yang dapat anda lihat. menu pertama adalah Isi/Edit Formulir Pendaftaran. Pada menu ini anda diminta untuk mengisi biodata anda. silahkan isi dengan seksama, dan anda diminta untuk meng-upload foto terbaru anda (berwarna, latar belakang warna merah, mengenakan dasi) dan klik "Input" Anda diminta untuk mencetak Formulir Pendaftaran yang telah anda isi pada menu Cetak Form. Selanjutnya anda harus mencetak "Surat Pernyataan" dan "Label yang di tempel di STOP MAP" Setelah anda cetak Formulir pendaftaran, surat penyataan dan Label Stop Map, segera lengkapi berkas-berkas pendaftaran dan masukkan pada Stop Map (ketentuan warna Stop Map, adalah Biru) dan masukkan pada Amplop seukuran Stop Map dan kirimkan ke Panitia Penerimaan Taruna Baru Program D-I PPK STPN 2014 Kotak Pos 1216 Yogyakarta. dan paling lambat diterima hari Minggu tanggal 27 Juni 2014 Cap Pos. Adapun Alamat Kampus adalah Jl. Tatabumi No. 5, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta 55293. Semua berkas harus dikirim dan tidak diantar langsung ke Panitia Penerimaan Taruna Baru DI PPK STPN 2014 (Panitia tidak melayani penerimaan berkas secara langsung). Berkas yang dikirim meliputi: 1) Slip Bukti Pembayaran (Fotokopi). 2) Hasil cetak formulir pendaftaran (harus ada barcode). 3) Fotokopi ijazah / STTB / Surat Keterangan Lulus dari Sekolah yang dilegalisir. 4) Pas Foto 4x6, berwarna dengan latar belakang warna merah, menggenakan dasi (3 lembar) ditempel 1 di formulir. 5) Surat Pernyataan hasil cetak Aplikasi PTB Online (bermaterai Rp.6000). 6) Surat Keterangan Tidak Hamil 7) Foto copy Raport yang dilegalisir, Kelas X, XI dan XII. Lebih lengkapnya | |
4 |
Ketentuan warna Stop Map yang berisi Formulir Pendaftaran dan Lampiran berkas-berkas yang dikirimkan adalah berwarna Biru. Pada sampul stop map harus ditempel hasil cetak Label Map yang ada barcodenya (hasil print Label StopMap diperoleh bila calon pendaftar telah login di login pendaftar).
| |
5 |
Anda dapat memantau perjalanan Berkas yang anda kirim, tanggal berapa diterima oleh panitia, dengan cara anda harus login pada menu "Login Pendaftar".
Setelah Login anda dapat melihat menu status Berkas "Apakah sudah diterima oleh panitia atau belum?". | |
6 |
Apabila ada hal-hal yang kurang jelas atau adan mendapatkan kesuitan dalam menggunakan Aplikasi PTB Online, silahkan hubungi Panitia melalui Online Chat yang sudah disediakan di halaman ini
| |
7 |
Semua berkas pendaftaran yang telah dikirim menjadi milik panitia dan tidak bisa diambil kembali.
| |
8 |
Panitia tidak menerima susulan berkas
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar